Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Asri Handayani, S.H.I., M.E., Wakil Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Sri Suryada Br. Sitorus, S.H.I., beserta Hakim, Panitera, dan Panitera Muda mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama secara Online/Daring dari ruang Media Center Pengadilan Agama Pematangsiantar pada Jum'at 17 Juni 2022.

 

Bimbingan Teknis ini dimoderatori oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama DR. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag dan dibuka secara resmi oleh Direktur Jendral Badan Peradilan Agama , Dr. Drs. H.Aco Nur, S.H., M.H.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis ini telah dipersiapkan secara matang dari jauh hari demi demi meningkatkan kualitas tenaga teknis peradilan agama. Dirjen Badilag juga berpesan kepada seluruh aparatur peradilan agama agar selalu meningkatkan kemampuan diri dengan ilmu yang didapat dari pelaksanaan bimtek, webinar maupun kegiatan pengembangan diri lainnya. 

Bimbingan Teknis yang diikuti oleh 3091 (tiga ribu sembilan puluh satu) peserta ini mengangkat tema “Temuan Problematika Penerapan Hukum Acara dalam Berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali” dengan narasumber Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H

Narasumber menyampaikan beberapa hal temuan diantaranya tentang Eksepsi Kompetensi Relatif Tanpa Jawaban Pokok Perkara, Penerapan Eksepsi Kompetensi Relatif, Kapan Hakim Menjatuhkan Putusan Yang Dinilai Kabur, Akta Autentik Tidak Ada Aslinya,  dan Penerapan Sumpah Decissoir. Temuan tersebut disajikan sebagai bahan diskusi yang menarik sehingga para peserta dapat menyampaikan argumen maupun jawaban. Bimbingam teknis ini pun berakhir pada pukul 11.30 WIB.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

 

  • 802-p-rohyan.jpg
  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg